Seperti Ular atau Ulat?

Setelah menerimakan abu sesuai pola New Normal (bukan di dahi tetapi di atas kepala), Romo Kebet duduk-duduk di beranda pastoran sambil membolak-balik buku renungan.
Romo Kebet menemukan dongeng tentang ular dan ulat. Untuk mengubah dirinya (bermetamorfosis) ular dan ulat sama-sama “bersemedi” (menyendiri) dan berpuasa.
Seekor ular, ketika akan berganti kulit (nglungsungi – Jawa) menjalani puasa. Ular akan bersembunyi, berdiam diri, dan tidak makan beberapa waktu lamanya sampai proses ganti kulitnya selesai.
Usai menjalani ritual itu, badan dan wajah ular tetap sama. Namanya tetap ular, baik sebelum dan sesudah puasa. Cara bergeraknya, sebelum dan sesudah puasa juga tetap sama. Tabiat dan sifatnya sebelum dan sesudah puasa pun sama. Bahkan setelah berganti kulit, tabiat dan sifat ular lebih ganas.
Seekor ulat, ketika akan bermetamorfosis (berganti rupa) juga menjalani puasa. Ulat binatang yang sangat rakus makan dedaunan, bahkan merusak. Wajahnya ada yang menakutkan, karena merusak tanaman mengganggu dan merugikan makhluk lain. Setelah berdiam diri dan berpuasa, ulat mengubah dirinya menjadi kepompong. Setelah itu kepompong berubah menjadi kupu-kupu. Wajah dan penampilan ulat sesudah berpuasa berubah.
Kini ulat menjadi kupu-kupu yang cantik. Makanannya berubah, bukan lagi dedaunan, tetapi madu. Cara bergerak ulat pun beruvah dari merayap, setelah menjadi kupu-kupu terbang dengan sayapnya. Tabiat dan sifatnya pun berubah total. Ketika masih ulat sifanya perusak, penampilan wajahnya seram. Setelah menjadi kupu-kupu sangat berguna bagi makhluk lain, membantu penyerbukan sehingga membantu kelangsungan hidup tanaman dan makhluk hidupnya lainnya. Hidupnya menjadi indah, menyenangkan, dan bersemarak karena bisa menolong dan hidup berarti bagi makhluk lain.
Lalu Romo Kebet menutup buku dongeng itu, diam termenung mengucapkan kalimat pendek: “Bagaimana dengan puasa dan hidupku….?”, “Seperti ular atau ulat…?” (ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *