Salah Masuk Gereja

Saat awal-awal tinggal di kota Padang, Beneditus Kurniawan Zai, SE, 26 tahun sempat salah masuk gereja. Tahun 2014, dosen mata kuliah agama Katolik “mengarahkan” mahasiswa Katolik aktif dalam satu organisasi atau kelompok Katolik. Karena sanak saudaranya ke­banyakan Protestan, pemuda kelahiran Saiwahili Hiliadulo, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias Induk, Provinsi Sumatera Utara 17 Februari 1995 ini ‘salah masuk’ gereja. Tetapi hanya tiga bulan. Setelah mendapat informasi dari teman kuliahnya, Beni “berminggu” di gereja Katolik, Gereja Santo Fransiskus Assisi Padangbaru.
Aktivis Komunitas Pemu­da Lintas Agama (Pelita) Padang ini, selanjutnya aktif di OMK Paroki St. Maria Bunda Yesus-Padang. Warga Rayon Igna­tius Loyola ini juga aktif dalam berbagai kepanitiaan (Natal dan ulang tahun paroki), sebagai seksi acara. Selain kuliah dan berorganisasi, anggota Kelompok Maena Santa Maria Bunda Yesus ini juga bekerja. Beni jarang istirahat. Kuliah, kerja, hari Minggu meski capek kegiatan OMK. Ketika ikut kegiat­an OMK beban pikiran berkurang,” kata anggota Ikatan Masyarakat Nias (IMN) Padang ini. Sejak 2017, alumni strata satu (S1) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Eka Sakti (Unes) – Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang ini aktif dalam kegiatan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Maria Bunda Yesus-Padang.
Empat tahun di OMK (2017-2021), Beni merasa mendapatkan banyak te­man dan bertambah wawasannya. Ia makin tahu arti hidup sesungguhnya, yakni harus berbagi dan menjadi pela­yan Tuhan dengan ikhlas. Aktif meng­gereja telah dijalaninya sejak SD, di Sekolah Minggu (Bina Iman Anak atau BIA), berlanjut hingga SMK di kam­pung­nya, di Stasi Rafael-Hiliadulo, Paroki St. Michael Tetehesi-Idanogawo, Pulau Nias. Saat kelas X SMK (2011), ayahnya meninggal sehingga saat tamat tidak bisa langsung kuliah. Sulung tujuh bersaudara ini bekerja untuk membiayai kuliahnya.
Di luar paroki, Beni aktif di Kope­rasi Simpan Pinjam “Usaha Bersama” (KSP UB) Padang. Ia terpilih sebagai ketua dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) TB 2020 KSP “Usaha Bersama”, Minggu (28/2). Di antara ketua pengurus primer koperasi simpan-pinjam (KSP) dalam koordinasi Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) “Bekatigade Sumbarinci”, Beni merupakan ketua termuda. (hrd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *